KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDRAL PERKEBUNAN

BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN PONTIANAK

11/04/2021 - 08:48 PM

KONIDIA/ML ATAU CFU/ML?

Di Publish Pada : 15/01/2021 | Kategori : Jadwal

oleh Akhmad Faisal Malik, S.P (POPT Ahli Muda)

 

Quality control merupakan tahapan yang sangat penting pada suatu produk, termasuk produk biopestisida dengan bahan aktif jamur. Beberapa jamur antagonis maupun entomopatogen yang sudah umum diproduksi sebagai biopestisida komersial antara lain Trichoderma spp., Gliocladium spp., Beauveria bassiana, dan Metarizhium spp. Biopestisida tidak layak untuk diperjualbelikan dan digunakan sebagai bahan pengendali OPT sebelum memenuhi standar kualitas (kerapatan konidium, viabilitas konidium, uji antagonis, uji patogenisitas, dan uji lainnya) yang dipersyaratkan.

Khusus untuk penghitungan kerapatan konidium, terdapat dua metode standar yang umum digunakan yaitu penghitungan langsung (satuan konidia/ml) dan penghitungan tak langsung; spread plate (satuan cfu/ml). penghitungan langsung yaitu menghitung individu konidia secara langsung menggunakan hemositometer.

Sedangkan penghitungan tak langsung (metode spread plate) yaitu menghitung inokulum berdasarkan jumlah koloni yang tumbuh pada media agar.

Perbedaan mendasar penghitungan propagul secara langsung (menggunakan hemasitometer) dan tak langsung (spread plate) dapat diuraikan sebaagai berikut.

Berdasarkan uraian di atas, penulis menyarankan agar metode spread plate perlu ditambahkan ke dalam instruksi kerja kerapatan konidium agens pengendali hayati di laboratorium penguji BPTP Pontianak melalui tindakan validasi metode. Hal ini untuk menyelaraskan standar kualitas pupuk hayati yang diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian No. 70 Tahun 2011 Tentang Pupuk Organik, Pupuk Hayati, dan Pembenah Tanah.


Agenda

Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 135
Total pengunjung : 148506

Polling

Survey kepuasan website edit

Apakah website ini bermanfaat ?
Sangat Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kadang Bermanfaat
Kurang Bermanfaat
Kurang Faedah

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Budi Utomo No.57, Pontianak - Kalimantan Barat 78241 - Indonesia
Telp. : (0561) 883632 - Fax : (0561) 882784. Email : balaiproteksipontianak@pertanian.go.id