KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDRAL PERKEBUNAN

BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN PONTIANAK

17/04/2021 - 07:17 PM

Bimtek Pengamatan dan Peramalan OPT Perkebunan

Di Publish Pada : 19/02/2021 | Kategori : Perkebunan

Pontianak – Perlindungan perkebunan mempunyai peranan penting bagi keberhasilan usaha perkebunan. Perlindungan perkebunan dimulai dari fase pembibitan, pertanaman sampai pasca panen. Agar perlindungan perkebunan berjalan dengan baik maka dituntut partisipasi aktif dari seluruh jajaran dan perangkat perlindungan perkebunan, termasuk di dalamnya petugas Unit Perlindungan Perlindungan Tanaman (UPPT).

Petugas UPPT merupakan salah satu ujung tombak keberhasilan dalam pengendalian OPT karena tugas utama mereka adalah melakukan pengamatan serangan OPT di lapangan. Data serangan OPT ini sangat penting karena akan dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dan kebijakan Kantor BPTP Pontianak bahkan bisa jadi akan digunakan dasar dalam pengambilan kebijakan pada eselon yang lebih tinggi. Data serangan OPT ini juga dapat dijadikan sebagai dasar dalam membuat ramalan kondisi populasi suatu OPT pada masa mendatang.

Agar petugas UPPT dapat melakukan pengamatan dan peramalan dengan baik, mereka perlu dibekali dengan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan tentang teknik pengamatan OPT yang baik. Dalam upaya menyiapkan petugas-petugas UPPT yang andal dalam pengamatan dan peramalan OPT, Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) Pontianak melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengamatan dan Peramalan OPT Perkebunan T. A. 2021. Kegiatan ini diperuntukkan bagi petugas UPPT sebanyak 25 orang dan telah diselenggarakan pada hari Rabu-Kamis tanggal  17-18 Februari 2021 di Aula BPTP Pontianak.

Tujuan kegiatan Bimbingan Teknis Pengamatan dan Peramalan OPT Perkebunan T. A. 2021 adalah meningkatan pengetahuan dan keterampilan petugas UPPT dalam mengamati serangan dan populasi OPT serta dapat mempredikasi populasi OPT dalam kurun waktu tertentu di masa mendatang.

Kegiatan Bimbingan Teknis Pengamatan dan Peramalan OPT Perkebunan T. A. 2021 diawali dengan sambutan Kepala BPTP Pontianak yang dibacakan oleh Subkoordinator Kelompok Substansi Pelayanan Teknis dan dilanjutkan dengan pembukaan Bimtek secara resmi oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Data Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat. 

Berbagai materi terkait pengamatan dan peramalan OPT serta yang terkait lainnya diberikan dalam Bimtek ini, di antaranya adalah materi Teknik Peramalan OPT Tanaman Perkebunan dengan narasumber dari Balai Besar Peramalan OPT Jatisari, Jawa Barat dan Keadaan Umum Serangan OPT Tanaman Perkebunan di Wilayah Kalimantan Barat yang disampaikan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat. Materi lainnya berasal dari Universitas Tanjungpura Pontianak dengan judul Teknik Pengamatan Penyakit pada Tanaman Perkebunan, OPT pada Tanaman Karet dan Pengendaliannya, serta Gejala Kekurangan Unsur Hara pada Tanaman Perkebunan. Selain itu, instansi lain yang mengisi materi dalam Bimtek adalah Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Politeknik Negeri Pontianak, dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat.

Melalui kegiatan Bimbingan Teknis Pengamatan dan Peramalan OPT Perkebunan bagi Petugas UPPT ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas dalam aspek pengamatan dan peramalan OPT. Kemampuan ini merupakan faktor penting dalam peningkatan perlindungan perkebunan (AAN)

 

 

 

 

 

 


Agenda

Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 128
Total pengunjung : 149808

Polling

Survey kepuasan website edit

Apakah website ini bermanfaat ?
Sangat Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kadang Bermanfaat
Kurang Bermanfaat
Kurang Faedah

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Budi Utomo No.57, Pontianak - Kalimantan Barat 78241 - Indonesia
Telp. : (0561) 883632 - Fax : (0561) 882784. Email : balaiproteksipontianak@pertanian.go.id