20/01/2018 - 09:42 AM
Klinik Tanaman BPTP Pontianak Melayani Konsultasi dan Rekomendasi Perlindungan Tanaman Perkebunan

KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDRAL PERKEBUNAN

BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN PONTIANAK

Kerjasama BPTP Pontianak dengan Berbagai Universitas di Pontianak

Penulis : Adminisator | Di Publish Pada : 2017-10-19 | Kategori : Perkebunan

“Menjadi Instansi yang Profesional Dalam Memberikan Teknik Perlindungan Perkebunan Bagi Pelaku Usaha Perkebunan” ini merupakan Visi Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Pontianak. BPTP Pontianak tentunya akan selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat baik dari kelompok tani maupun diluar kelompok tani yang ingin mendapatkan ilmu mengenai teknik perlindungan perkebunan. BPTP Pontianak sering bekerjasama dengan berbagai Universitas dalam magang dan penelitian yang diajukan oleh akademis baik dari kota Pontianak maupun dari luar kota Pontianak.

Di tahun 2017, BPTP mendapatkan tawaran kerja sama dengan berbagai Fakultas di Pontianak seperti  Program Studi BIologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Tanjung Pura Pontianak mengirimkan 7 mahasiswa magang dimulai tanggal 10 Juli 2017 dan direncakan berakhir di 10 Agustus 2017. Dan Program studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Tanjung Pura mengirimkan  2 mahasiswa magang dan 1 mahasiswa penelitian. Serta Program studi Agroteknologi Fakultas Panca Bhakti mengirimkan 5 mahasiswa magang dimulai tanggal 18 September 2017 dan berakhir tanggal 18 Oktober 2017.

Magang dan Penelitian Mahasiswa merupakan salah satu langkah mahasiswa untuk mengenal dunia kerja. Agar mereka terbiasa bekerja di Laboratorium maupun lapangan, mahasiswa tersebut turun langsung sebagai pelaku, selama Magang mereka diberi arahan dan bimbingan oleh Penyelia, analis Laboratorium Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dan Laboratorium Agent Pengendali Hayati (APH) serta pranata laboratorium.

Materi yang diberikan Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Pontianak pada mahasiswa di Laboratorium Organisme Penganggu Tumbuhan (OPT) adalah pengenalan alat dan bahan laboratorium, teknik pengambilan sampel di lapangan, isolasi dan identifikasi Penyakit dan hama, teknik koleksi OPT begitu juga di Laboratorium Agen Pengendali Hayati materi yang diberikan adalah uji kualitas Agen Pengendali Hayati serta cara perbanyakan Agen Pengendali Hayati (Trichoderma spp dan Metarhizium spp) .

Dalam kegiatan magang, mahasiswa praktek sendiri teknik isolasi sampai hasil identifikasi baik hama dan penyakit. Diakhir kegiatan magang, mahasiswa diberikan pengarahan dari Kepala Balai Proteksi Tanaman Perkebunan tentang  visi dan MIsi BPTP dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dan diharapkan ilmu yang mereka terima di BPTP Pontianak berguna serta bermanfaat setelah mereka lulus kuliah nanti.

 

Meta Amalia, A.Md - Pranata Laboratorium Identifikasi OPT


Kritik Dan Saran

Pengunjung

1 5 6 2 3 3 3 9
Pengunjung hari ini : 20
Total pengunjung : 2435627
Hits hari ini : 26
Total Hits : 12275115
Pengunjung Online : 1

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Budi Utomo No.57, Pontianak - Kalimantan Barat 78241 - Indonesia
Telp. : (0561) 883632 - Fax : (0561) 882784. Email : bptpbunpontianak@pertanian.go.id