KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDRAL PERKEBUNAN

BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN PONTIANAK

22/07/2018 - 05:39 AM

PELATIHAN NEMATODA PARASIT TANAMAN DI DEPARTEMEN HAMA DAN PENYAKIT TUMBUHAN UNPAD

Di Publish Pada : 20/11/2017 | Kategori : Perkebunan

Departemen hama dan penyakit tumbuhan UNPAD bekerja sama dengan BPTP Pontianak dalam inhous training Nematoda Parasit Tanaman. Pelatihan yang diselenggarakan 14 -15 November 2017 di Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan UNPAD Jatinangor. Registrasi peserta dimulai jam 08.00-08.30. Peserta yang megikuti pelatihan dari BPTP Pontianak yaitu, Hithman Sitorus, SP, Erlan Ardiana R, SP, Satrio Harjono, SP dan Rizal Muttaqin, Amd. Inhouse Training dibuka oleh Kepala Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan  Dr. Ir. H. Ceppy Nasahi, MSi kemudian dilanjutkan materi pertama oleh Dr.Ir. Toto Sunarso, MSi tentang arti penting nematoda parasit tanaman, teknik dasar pengendalian, eksplorasi, isolasi, identifikasi, dan pengawetan nematode parasit tanaman.

Teknik sampling di lapangan untuk tanaman tahunan, tanaman semusim, teknik ekstraksi dan penanganan sampel dilakukan pada sore hari di kebun percobaan fakultas pertanian UNPAD. Pengambilan sampel dilakukan  dengan mengambil sampel tanah dari lima titik tiap pohon.  Pada saat pelatihan peserta aktif dalam bertanya dan berdiskusi tentang nematoda tanaman perkebunan materi. Praktikum dilakukan tiap peserta dalam pengambilan sampel ,pengamatan dimikroskop dalam identifikasi, dan saat memancing nemtoda. Hal ini dilakukan agar peserta dapat menguasai materi dan praktek di lapangan dengan baik.  Hari kedua dipaparkan oleh Wawan kurniawan, SP. Msi yaitu pengenalan alat dan modifikasi alat sederhana untuk riset nematoda kemudian dilanjutkan dengan praktek identifikasi dan pengawetan nematoda tanaman.

Akhir kegiatan ditutup oleh Dr. Ir. Toto Sunarso, MSi, beliau menegaskan bahwa hal yang sangat diperlukan dalam mencegah penyebaran nematoda parasite tumbuhan adalah kemampuan deteksi dan  indentifikasi  yang baik dan tersedianya alat dan bahan fasilitas yang memadai. 

Dokumentasi Kegiatan : 

 

Satrio Harjono, SP - Calon POPT Ahli Pertama


Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 43
Total pengunjung : 4059

Polling

Survey kepuasan website edit

Apakah website ini bermanfaat ?
Sangat Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kadang Bermanfaat
Kurang Bermanfaat
Kurang Faedah

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Budi Utomo No.57, Pontianak - Kalimantan Barat 78241 - Indonesia
Telp. : (0561) 883632 - Fax : (0561) 882784. Email : bptpbunpontianak@pertanian.go.id