KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDRAL PERKEBUNAN

BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN PONTIANAK

24/06/2018 - 07:49 PM

Pemilihan Sulur Panjat Sebagai Bibit Tanaman Lada

Di Publish Pada : 20/12/2017 | Kategori : Jadwal

Pembibitan adalah tahapan awal budidaya tanaman lada, tahapan ini meliputi proses persiapan bibit sebelum dipindahkan pada areal perkebunan. Pemilihan sulur tanaman lada sebagi sumber untuk bibit tanaman lada perlu diperhatikan supaya mendapatkan hasil yang optimal. Sulur pada tanaman lada terdiri dari dua jenis yaitu sulur panjat dan sulur cabang/buah. Ada juga yang membagi sulur tanaman lada ini menjadi 3 jenis yaitu sulur panjat, sulur panjang dan sulur pendek. Jika sulur panjat tidak diikat atau dipotong maka akan menjadi sulur gantung dan sulur cacing.

Menggunakan sulur panjat sebagai bibit untuk tanaman lada setidaknya memenuhi syarat sebagai berikut :

  1. Sulur panjat diambil dari tanaman lada yang sehat (bebas hama dan penyakit)
  2. Pilih sulur panjat yang tidak terlalu tua tetapi sudah berkayu
  3. Kemurnian varietas 98 % (syarat tambahan sesuai SNI)
  4. Umur pohon induk lebih dari 7 bulan

Pemilihan sulur dan pemotongannya dengan baik harus dipenuhi sebelum mengolah sulur ini sebagai bahan baku pembibitan lada dengan metode stek panjang (5-7 buku), stek pendek (1 buku) ataupun stek untuk pembibitan lada perdu.

Pembuatan stek lada dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan stek panjang dan stek pendek. Stek panjang yaitu dengan menggunakan tujuh ruas, sedangkan untuk stek pendek cukup dengan satu ruas saja. Keuntungan pemakaian stek satu ruas ini adalah bahwa kebutuhan bahan yang digunakan untuk tanaman relative lebih sedikit, dibandingkan dengan menggunakan stek panjang, dengan kata lain menghemat bahan tanaman untuk stek. Resiko kematian pada stek satu ruas ini apabila ditanaman lebih kecil, karena bibit asal stek satu ruas umumnya sudah siap untuk dipindahlkan, akan tetapi pemakaian stek satu ruas inipun ada pula kelemahannya yaitu pembuatan steknya harus disemaikan terlebih dahulu dan baru bisa ditanaman setelah stek berumur 4-5 bulan di pesemaian. Pada umur ini keadaan tanaman telah bertdaun sebanyak 4-5 helai dan tingginya telah mencapai 30-40 cm.

Tahapan Persiapan Untuk Stek Panjang

  • Sulur panjang dipotong menjadi 5-7 buku (gbr 1)
  • Daun-daun nya dipotong sebagian (gbr 2)
  • Kemudian diakarkan terlebih dahulu dengan membenamkan dalam tanah (gbr 3)
  • Ditutup dengan daun atau bahan lain dengan tujuan membuat kelembapan optimal selama 10–14 hari (gbr 4), sampai keluar perakaran
  • Kemudian dapat dipindahkan pada polybag atau langsung dimasukan pada lubang tanam

Pembuatan stek satu ruas bisa dilakukan pada bedengan maupun polybag. Apabila menggunakan polybag, tanah agar dicampur dengan pupuk kandang. Perbandingan 1/3 bagian tanah, 1/3 bagian pupuk kandang dan 1/3 bagian pasir. Tujuan dari pada pemberian pasir dimaksud agar supaya media tanam menjadi ringan, sehingga akar tanaman mudah menembus tanah dan tumbuh subur. Setelah bedengan atau polybag siap ditanami, bibit berupa bahan tanaman untuk stek dipatong sepanjang 1 (satu ) ruas, pemotongan kurang lebih 1 cm diatas ruas. Stek ini mempunyai 1 helai daun dan diupayakan agar setiap stek mempunyai 1 helai daun, hal ini untuk membantu proses photo synthesis. Kedalaman penanaman stek sepanjang ruas stek tersebut, sehingga stek masih kelihatan 1 cm diatas ruas dari permukaan tanah. Sebelum ditanam stek tersebut sebaiknya dicelupkan terlebih dahulu kedalam larutan ZPT (zat perangsang tumbuh) dengan konsentrasi 10 %.

 

 

Erwin Irawan Permana

POPT Ahli Muda


Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 32
Total pengunjung : 3091

Polling

Survey kepuasan website edit

Apakah website ini bermanfaat ?
Sangat Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kadang Bermanfaat
Kurang Bermanfaat
Kurang Faedah

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Budi Utomo No.57, Pontianak - Kalimantan Barat 78241 - Indonesia
Telp. : (0561) 883632 - Fax : (0561) 882784. Email : bptpbunpontianak@pertanian.go.id