KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDRAL PERKEBUNAN

BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN PONTIANAK

18/11/2018 - 06:39 PM

PENTINGNYA IDENTIFIKASI NEMATODA PARASIT DI PERKEBUNAN KALIMANTAN BARAT

Di Publish Pada : 23/07/2018 | Kategori : Jadwal

Nematoda parasit tanaman merupakan salah satu organisme pengganggu tanaman (OPT) penting pada komoditas pertanian. Salah satu komoditas pertanian yang dapat terserang adalah perkebunan. Kerusakan yang ditimbulkan oleh nematoda di perkebunan dapat mengakibatkan kehilangan hasil panen yang sangat berarti. Mustika (1990) melaporkan nematoda parasit dapat membuat kerusakan pada tanaman lada di Bangka dan Kalimantan Barat mencapai 32%. Namun, di beberapa komoditas lainnya seperti pada tanaman kopi dapat mencapai kerugian yang sangat tinggi hingga mencapai 78% (Mustika 2005).

Informasi nematoda parasit di perkebunan Kalimantan Barat (Kalbar) masih belum banyak diketahui. Komoditas perkebunan utama di Kalimantan Barat mencakup tanaman kelapa sawit, karet, kelapa, lada, kakao, kopi, dan pinang. Informasi tanaman perkebunan di Kalbar yang baru diketahui telah diinfeksi nematoda adalah lada dan kopi. Nematoda Radopholus similis dan Meloidogyne incognita  telah dilaporkan sebagai penyebab utama penyakit kuning pada tanaman lada (Mustika 1990). Penyakit ini sudah lama diketahui dan menyebar di pertanaman lada di kawasan Kalimantan Barat dan Bangka. Bentuk morfologi nematoda R. similis dan Meloidogyne spp. disajikan pada Gambar 1.

 

Sejauh ini komoditas perkebunan lain seperti di kakao, kelapa atau tanaman palma yang lain di Kalimantan Barat belum diketahui keberadaan nematoda parasitnya. Beberapa laporan lain menyatakan kopi yang ditanam di beberapa daerah di Indonesia telah terinfeksi oleh nematoda dari golongan Pratylenchus coffeae, Meloidogyne incognita, dan Radopholus similis yang menyerang akar tanaman.  Di daerah Sulawesi telah dilaporkan bahwa tanaman kakao dapat terinfeksi oleh genus Meloidogyne dan Pratylenchus. Kedua nematoda parasit ini menyerang bagian perakaran tanaman kopi (Mustika 2005).  Selain itu,  di beberapa negara tropis seperti di kawasan Amerika Selatan telah banyak ditemukan komoditas kelapa maupun palma terinfeksi penyakit cincin merah (red ring disease) di bagian batangnya (Gambar 2a). Penyakit ini disebabkan oleh nematoda Bursaphelenchus cocophilus yang berasosiasi dengan kumbang kelapa (Gambar 2b) (Griffith et al. 2005). Menurut laporan, B. cocophilus  dapat merusak perkebunan kelapa atau palma lainnya cukup parah. B. cocophilus  termasuk OPT yang belum dilaporkan keberadaannya di Indonesia. Walaupun demikian, kewaspadaan terhadap nematoda ini harus selalu diwaspadai.

Pengamatan nematoda di seluruh komoditas perkebunan perlu dilakukan agar persebaran nematoda parasit di Kalimantan Barat dapat diketahui dengan tepat. Dengan adanya inventarisasi data dan identifikasi nematoda parasit di perkebunan Kalimantan Barat dapat memudahkan pengendalian terpadu dengan tepat. Upaya ini dilakukan untuk mencegah terjadinya eksplosi yang dapat mengakibatkan kerugian besar di perkebunan Kalimantan Barat.  

 

Daftar Pustaka

Brammer AS, Crow WT. 2014. Red Ring Nematode, Bursaphelenchus cocophilus (Cobb) Baujard (Nematoda: Secernentea: Tylenchida: Aphelenchina: Aphelenchoidea: Bursaphelechina) formerly Rhadinaphelenchus cocophilus. Florida: University of Florida.

Griffith R, Robin M, Giblin-Davis RM, Koshy PK, Sosamma VK. 2005.  Di dalam: Luc M, Sikora RA, Bridge J, editor. Nematode Parasites of Coconut and other Palms. Plant Parasitic Nematodes in Subtropical and Tropical Agriculture. 2nd Edition. London (UK): CABI: 493-527.

Mustika, I. 1990. Studies on the interaction of Meloidogyne incognita,Radopholus similis and Fusarium solani on black pepper (Piper nigrum L.). [Thesis]. Wageningen: Wageningen Agric. Univ.

Mustika I. 2005. Konsepsi dan strategi pengendalian nematoda parasit tanaman perkebunan di Indonesia. Perspektif 4 (1): 20-32.

Perry RN, Moens M, Starr JL, editor. 2009. Root Knot Nematode. Cambridge (US): CABI

 

Moch. Yadi Nurjayadi, S.Si - Calon POPT Ahli Pertama


Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 49
Total pengunjung : 10979

Polling

Survey kepuasan website edit

Apakah website ini bermanfaat ?
Sangat Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kadang Bermanfaat
Kurang Bermanfaat
Kurang Faedah

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Budi Utomo No.57, Pontianak - Kalimantan Barat 78241 - Indonesia
Telp. : (0561) 883632 - Fax : (0561) 882784. Email : balaiproteksipontianak@pertanian.go.id