KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDRAL PERKEBUNAN

BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN PONTIANAK

15/10/2018 - 05:44 PM

BIMBINGAN TEKNIS PENGOPERASIAN DRONE

Di Publish Pada : 09/04/2018 | Kategori : Perkebunan

Pelaksanaan Bimbingan Teknis pengopersian drone oleh Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian dilaksanakan pada tanggal 4 s. d 6 April 2018 bertempat di Hotel Whiz Prime, Bogor. Peserta yang berasal dari Direktorat Perlindungan Perkebunan, Sekretariat Direktorat Jenderal perkebunan, UPT Pusat dan Dinas Perkebunan Provinsi. Peserta yang hadir sebanyak 25 orang. Petugas yang mewakili BPTP Pontianak adalah Satrio Harjono, SP.

Sambutan, arahan dan pembukaan oleh Direktur Perlindungan Perkebunan  pada pukul 14.00. Bapak Drs. Dudi Gunadi, BSc, MSi menegaskan “tujuan bimbingan teknis pengoperasian drone agar petugas POPT/Brigade dapat mengoperasionalkan drone sebagai sarana pengamatan OPT dan pemantauan kebakaran dengan baik di wilayah provinsi masing-masing”.  Penyampaian materi peraturan dan regulasi penggunaan drone disampaikan oleh Bapak Yuli dari Kementerian Perhubungan Udara. Sedangkan pengetahuan  umum dasar pesawat udara dan tanpa awak dan praktek lapang pengoperasian drone disampaikan oleh  PT. Byte Geo Solusi. Praktek lapang pengoperasian drone dilaksanakan pada hari kedua di lapangan Puslibangnak.  Sebelum penutupan dilakukan tes tulis dan tes praktek pada hari kedua. Penutupan oleh ketua panitia yaitu Kepala Seksi Teknologi PHT tanaman tahunan dan penyegar.

Latar belakang bimtek ini adalah untuk melakukan kegiatan pengamatan OPT/ titik api dibutuhkan tenaga pengamat OPT/ brigade kebakaran yang dilengkapi dengan sarana pengamatan yang memadai seperti kaca pembesar untuk melihat OPT , teropong untuk mengamati kondisi lingkungan dari jarak tinggi/jauh, kamera untuk menghasilkan foto, menara pantau, dll. Namun seiring dengan kemajuan teknologi terdapat pesawat tanpa awak yang dapat digunakan sebagai alat yang dapat merekam gambar atau mengambil foto pada jarak jauh dan tinggi. Drone dapat membantu petugas POPT/brigade kebakaran terutama saat mengamati serangan OPT dan mengetahui titik api perkebunan.

 

Dokumentasi Kegiatan : 

 

Satrio Harjono, SP - Calon POPT Ahli Pertama

 

 


Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 63
Total pengunjung : 8906

Polling

Survey kepuasan website edit

Apakah website ini bermanfaat ?
Sangat Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kadang Bermanfaat
Kurang Bermanfaat
Kurang Faedah

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Budi Utomo No.57, Pontianak - Kalimantan Barat 78241 - Indonesia
Telp. : (0561) 883632 - Fax : (0561) 882784. Email : balaiproteksipontianak@pertanian.go.id