KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDRAL PERKEBUNAN

BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN PONTIANAK

18/11/2018 - 06:19 PM

Magang Industri Program Keahlian Ganda Bagi Guru SMK/SMA Kalbar Di BPTP Pontianak

Di Publish Pada : 15/10/2018 | Kategori : Perkebunan

Setiap unit kerja pelayanan publik dari Kementerian Pertanian telah menetapkan standar pelayanan prosedur (SOP) dalam penyelenggaraan pelayanan sesuai dengan fungsi dan tugas unit kerja tersebut. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik telah mewajibkan setiap penyelenggara pelayanan publik menyusun dan menetapkan standar pelayanan publik sebagai acuan dalam penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan masing-masing. Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian memiliki 4 unit pelaksana teknis dan salah satunya Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) Pontianak yang mempunyai tugas “Melaksanakan Analisis Teknis dan Pengembangan Proteksi Tanaman Perkebunan”. Sebagai salah satu unit penyelenggara pelayanan publik, BPTP Pontianak telah menetapkan Standar Pelayanan Publik yang tertuang dalam Keputusan Kepala Balai Proteksi Tanaman Perkebunan No. 22 Tahun 2018. BPTP Pontianak memiliki 9 produk layanan, meliputi :

  1. Layanan Informasi Publik Dan Dokumentasi (Ppid)
  2. Layanan Perpustakaan
  3. Layanan Konsultasi Klinik Tanaman Perkebunan
  4. Layanan Laboratorium
  5. Layanan Perbanyakan Agen Pengendali Hayati (Aph), Isolat Patogen Dan Pestisida Nabati
  6. Layanan Kerjasama Magang/Studi Banding Dan Pelatihan
  7. Layanan Asrama Dan Ruang Pertemuan
  8. Layanan Fasilitasi/Bantuan Teknis Pengendalian Opt Perkebunan
  9. Layanan Tata Usaha Dan Kesekretariatan

Di poin ke 6 yaitu Layanan Kerjasama Magang/Studi Banding dan Pelatihan targetnya adalah Instansi terkait, petani, pelaku usaha perkebunan dan pelajar. Namun, di tahun 2018 ini BPTP Pontianak menerima peserta magang yang belum pernah sebelumnya, yaitu para Guru SMK/SMA Kalimantan Barat yang tengah mengikuti program sertifikasi keahlian dan sertifikasi pendidik bagi guru SMK/SMA tahun anggaran 2018.

“Magang industri Program Keahlian Ganda ini dapat memberikan manfaat berupa tambahan kewenangan mengajar bagi peserta yang merupakan guru SMA/SMK yang mengajar mata pelajaran tertentu menjadi guru mata pelajaran produktif di SMA/SMK pada kompetensi keahlian tertentu yang berbeda dengan kompetensi keahlian sebelumnya” begitu informasi yang disampaikan oleh salah satu peserta magang.

Kegiatan magang industri keahliaan ganda ini telah dilaksanakan dari tanggal 1 Oktober s.d 10 Oktober 2018 di Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) Pontianak. Kegiatan ini dibuka dengan kata sambutan dari Kepala Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) Pontianak Ir. Sajarwadi, M.Agr. Beliau berharap agar kegiatan magang guru SMA/SMK ini akan terus berlanjut, dan BPTP Pontianak dengan sangat terbuka akan menerima magang yang pesertany guru maupun murid.

Kegiatan yang dilaksanakan selama sepuluh hari berturut – turut ini dilakukan dengan metode belajar orang dewasa, dimana narasumber lebih berperan sebagai fasilitator dan diharapkan akan muncul diskusi di antara para peserta. Materi yang disampaikan yaitu : Pengenalan Struktur Organisasi Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) Pontianak, Pengendalian Hama Terpadu, Pengenalan Klinik BPTP Pontianak, Pengenalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), Pengenalan Nematoda Parasit Pada Tanaman, Pengenalan Agen Pengendali Hayati (APH), Pengenalan Alat Brigadi Proteksi Tanaman. Setelah memaparkan materi, diikuti dengan praktek langsung di laboratorium.

Dari kegiatan magang industri diharapkan dapat membekali peserta untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilan secara professional serta mendapatkan pengalaman nyata, sehingga dapat diterapkan di sekolah tempat bertugas.

 

 

Astri Anjelina Nasution 


Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 49
Total pengunjung : 10979

Polling

Survey kepuasan website edit

Apakah website ini bermanfaat ?
Sangat Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kadang Bermanfaat
Kurang Bermanfaat
Kurang Faedah

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Budi Utomo No.57, Pontianak - Kalimantan Barat 78241 - Indonesia
Telp. : (0561) 883632 - Fax : (0561) 882784. Email : balaiproteksipontianak@pertanian.go.id