KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDRAL PERKEBUNAN

BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN PONTIANAK

18/11/2018 - 06:16 PM

Survailen ke-2 Laboratorium Penguji BPTP Pontianak oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN)

Di Publish Pada : 05/11/2018 | Kategori : Perkebunan

Pontianak - Pengakuan formal kompetensi sebuah laboratorium pengujian di Indonesia dari badan akreditasi nasional yaitu Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan sebagai dasar acuannya menggunakan standar SNI ISO/IEC 17025. Komite Akreditasi Nasional (KAN) telah menetapkan kebijakan bagi penyesuaian terhadap ISO/IEC 17025: 2017 pada tanggal 22 Desember 2017. Sehingga seluruh laboratorium yang diakreditasi oleh KAN harus memenuhi ISO/IEC 17025:2017 selambat-lambatnya tanggal 30 November 2020. Di tahun 2018 ini laboratorium penguji Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) Pontianak telah menyesuaikan terhadap ISO/IEC 17025:2017 pada tanggal 1 November 2018.

Laboratorium penguji Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) Pontianak telah mendapatkan pengakuan formal dari KAN berupa sertifikat akreditasi sebagai laboratorium penguji pada 20 April 2016 No Akreditasi LP-990-IDN.  Untuk menjaga konsistensi penerapan SNI ISO/IEC 17025 dalam aktifitas kegiatan pengujian KAN akan melakukan kegiatan survailen setiap tahun pada laboratorium yang telah terakreditasi.

Pada tanggal 2 November 2018 kunjungan dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) dalam rangka Survailen ini diharapkan Laboratorium Penguji BPTP Pontianak mendapatkan saran dan rekomendasi dalam rangka perbaikan berkelanjutan sistem mutu dalam menerapkan standar ISO/IEC 17025 : 2017 secara konsisten. Acara ini diawali dengan Rapat Pembukaan (opening meeting)  yang dibuka oleh Kepala Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) Pontianak Bapak Ir. Sajarwadi, M.Agr. Selanjutnya Asesor Kepala  Bapak Adinugroho Kristiawan Santoso, S.T yang didampingi Asesor Anggota Ibu Milla Septiana Wiyanti menjelaskan berbagai hal terkait asesmen survailen meliputi tujuan dan metode audit yang akan digunakan, kategori ketidaksesuaian, jadwal dan ruang lingkup sertifikasi. Setelah acara pembukaan Tim Asesor meninjau secara singkat Laboratorium Penguji Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) Pontianak. Komentar dan saran positif yang telah disampaikan Asesor Kepala mendorong  tim laboratorium bersemangat dalam upaya untuk memelihara dan meningkatkan jaminan mutu hasil kegiatan laboratorium.

Rapat Penutupan (closing meeting) dilaksanakan pada hari yang sama 2 November 2018 disampaikan oleh Asesor Kepala dengan menyampaikan secara ringkas kegiatan selama asesmen survailen, kategori ketidaksesuaian dan batas waktu tindakan perbaikan untuk setiap ketidaksesuaian sesuai aturan. Kepala Balai Proteksi Tanaman Perkebunan. Pada kesempatan ini Kepala Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) Pontianak Ir. Sajarwadi, M.Agr yang juga bertindak sebagai Manajer Puncak menyampaikan akan berupaya untuk segera melakukan tindakan perbaikan dan berharap tindakan perbaikan yang dilakukan dapat memenuhi kesesuaian yang dipersyaratkan guna mempertahankan sertifikat akreditasi yang sudah diperoleh.

 

Astri Anjelina Nasution


Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 49
Total pengunjung : 10979

Polling

Survey kepuasan website edit

Apakah website ini bermanfaat ?
Sangat Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kadang Bermanfaat
Kurang Bermanfaat
Kurang Faedah

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Budi Utomo No.57, Pontianak - Kalimantan Barat 78241 - Indonesia
Telp. : (0561) 883632 - Fax : (0561) 882784. Email : balaiproteksipontianak@pertanian.go.id