KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDRAL PERKEBUNAN

BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN PONTIANAK

24/10/2021 - 06:17 PM

Aplikasi Trichoderma dan Metabolit Sekunder Trichoderma di Kelompok Tani Harapan Jaya Kabupaten Bengkayang

Di Publish Pada : 02/08/2021 | Kategori : Perkebunan

Aplikasi Trichoderma dan Metabolit Sekunder Trichoderma di Kelompok Tani Harapan Jaya Kabupaten Bengkayang
Oleh: Moch. Yadi Nurjayadi, S.Si

Kelompok Tani (KT) Harapan Jaya, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang melakukan aplikasi Trichoderma dan metabolit sekunder (MS) Trichoderma di kebun lada mereka. Aplikasi ini dilakukan pada tanggal 28 Juli 2021 lalu. Tujuan Aplikasi Trichoderma dan MS ini adalah untuk mengendalikan penyakit Busuk Pangkal Batang (BPB) lada yang menyerang kebun lada mereka. Selain itu, pengaplikasian ini juga bertujuan agar anggota KT Harapan Jaya mampu mengendalikan penyalit BPP lada  secara mandiri, setelah sebelumnya mereka jiga telah mampu memperbanyak jamur Trichoderma dan membuat MS Trichoderma secara mandiri.

Penyakit BPB merupakan penyakit yang paling mematikan pada tanaman lada. Melalui kegiatan pengendalian ini diharapkan penyakit BPB lada yeng menyerng kebun lada KT Harapan Jaya dapat dikendalikan. Produk Trichoderma dan MS Trichoderma yang digunakan merupakan hasil produksi KT Harapan Jaya dalam rangka mengikuti kegiatan Penerapan Pengendalian Hama Terpadu (PPHT) lada tahun 2021.

Kegiatan PPHT dilaksanakan secara bertahap dimana materi utama yang disampaikan diantaranya adalah pembuatan Trichoderma dan MS yang berasal dari Trichoderma. Setiap pertemuan para petani didampingi oleh pemandu lapang (PL) BPTP Pontianak. Pemberian materi tidak hanya sebatas teori tetapi juga praktek, salah satunya adalah berupa pekerjaan rumah untuk melakukan perbanyakan Trichoderma pada media beras di rumah masing-masing. Hasil perbanyakan Trichoderma ini akan diamati dan dievaluasi oleh PL pada pertemuan selanjutnya. Perbanyakan Trichoderma dianggap berhasil jika jamur tersebut tampak berwarna hijau toska dan merata di seluruh permukaan beras.

Sebelum melakuklan perbanyak Trichoderma PL menyampaikan cara aplikasi Trichoderma pada tanaman yang benar. Cara aplikasinnya adalah sebelum diaplikasikan ke tanaman, media beras yang mengandung Trichoderma (hasil perbanyakan) dicampur terlebih dahulu dengan media bekatul atau dedak. Satu takaran beras Trichoderma dicampur dengan 5-6 takaran dedak yang kemudian diaduk hingga merata.

Jumlah Trichoderma yang diaplikasikan berbeda-beda sesuai kondisi tanaman lada. Pada tanaman lada yang sehat jumlah Trichoderma yang diaplikasikan sebanyak 100 gram yang ditaburkan di sekitar perakaran tanaman. Sementara untuk tanaman lada yang terserang ringat penyakit BPB ditabur Trichoderma sebanyak 150 gram. Hasil taburan tersebut lalu ditutup dengan serasah atau daun-daun kering yang kemudian disiram hingga lembab. Trichoderma akan tumbuh di sekitar permukaan yang akan terlihat dengan adanya warna hijau di sekitar perakaran tanaman lada.

Sementara itu, sebelum aplikasi MS Trichoderma dilakukan, terlebih dahulu MS Trichoderma hasil produksi KT, diperiksa kualitasnya. Jika kualitas MS Trichoderma baik, maka dapat diaplikasikan. Ciri utama MS Trichoderma yang berkualitas baik adalah memiliki aroma fermentasi tapai dan juga warna cairan agak putih atau kehijauan. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa MS Trichoderma hasil produksi petani memiliki ciri-ciri tersebut.

Cara aplikasi MS Trichoderma adalah dengan mengencerkan 1 ml MS Trichoderma ke dalam satu liter air biasa. Cara aplikasi di lapangan dapat dilakukan dengan cara menyemprot seluruh bagian tanaman ataupun dengan menyiramnya di sekitar perakaran tanaman lada sehat atau sakit ringan. Ulangi aplikasi ini seminggu sekali hingga 3-5 kali hingga tanaman ada perubahan.

(Unduh dokumen di sini)


Agenda

Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 1
Total pengunjung : 171964

Polling

Survey kepuasan website edit

Apakah website ini bermanfaat ?
Sangat Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kadang Bermanfaat
Kurang Bermanfaat
Kurang Faedah

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian Bangbf Sex Videos Xxx
Jl. Budi Utomo No.57, Pontianak - Kalimantan Barat 78241 - Indonesia
Call center & WA : 0821-4981-5100; - Fax : (0561) 882784. Email : balaiproteksipontianak@pertanian.go.id